Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

2008/12/10

MASIHKAH KITA AKAN MEMAKAI YANG DEMIKIAN?
“Katakanlah kepada wanita yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung” (QS. An Nuur : 31).

Perkembangan model busana sangat cepat pada era globalisasi ini. Model yang datang dari luar sangat cepat masuk, dan diadopdsi oleh masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah busana yang kita saksikan saat ini sedang meraja di Negara kita mulai dari kota besar, kota kecil bahkan pedesaan, orang banyak menggunakan busana yang ekstra sempit. Ini adalah suatu pergolakan budaya yang sedang melanda bangsa ini. Ini merupakan suata masalah moral anak bangsa yang akan menimbulkan multi masalah, baik itu agama, budaya, sosial, maupun kesehatan. Dari segi sosial sudah banyak kita lihat masalah yang ditimbulkan dari pergolakan ini. Di sini penulis akan meninjau permasalahan yang akan ditimbulkannya dari segi kesehatan.
Kalau kita meninjau dari segi kesehatan apa masalah yang akan ditimbulkan oleh kasus ini (penggunaan busana yang ekstra sempit) ? Baik pada perempuan maupun pada laki-laki penggunaan busana yang banyak kita lihat sekarang ini dapat menimbulkan bebagai penyakit, mulai dari penyakit kulit biasa hingga kanker, kemandulan pada laki-laki, dan bahkan ini akan menimbulkan gangguan psikologis.
Bagaimana penggunaan celana ini dapat mengganggu kesehatan kulit? Kita mengetahui bahwa tubuh kita merupakan kumpulan dari jutaan sel. Dan sel itu akan berhubungan satu dengan yang lain akan membentuk suatu jaringan, salah satunya adalah jaringan epitel (pelindung), organnya adalah kulit (integument). Diambil contoh ini karena permasalahan yang ditimbulkannya adalah pada bagian organ ini.
Secara fisiologis setiap sel yang ada di dalam tubuh kita membutuhkan nutrisi (makanan). Begitu juga hal nya dengan sel-sel yang menyusun jaringan epitel yang dikatakan di atas tadi. Sel-sel ini memperoleh nutrisi dari pembuluh-pembuluh darah kapiler yang berada di lingkungan sel tersebut. Jika kita lihat dan kita pikirkan, apa yang terjadi jika kita mengenakan busana yang ekstra sempit itu? Kita akan melihat bahwa bahan dari busana tersebut akan menekan kulit kita, karena ukurannya terlalu kecil. Dia akan menekan kulit kita, yang di dalamnya terdapat pembuluh darah kapiler. Apa yang terjadi jika demikian? Otomatis pembuluh darah akan menyempit, bahkan mungkin tak bisa dilewati darah sama sekali.
Contoh sederhana, cobalah tekan salah satu titik pada selang yang sedang dialiri air? Tentunya akan terjadi pengurangan debit air yang mengalir, hal ini tak jauh dengan keadaan pembuluh darah kita yang tertekan tadi.
Dengan berkurangnya debit aliran darah dari yang seharusnya, tentunya nutrisi yang akan sampai ke dalam sel juga akan berkurang. Kita sama-sama telah mengetahui, apa yang terjadi pada sel jika kekurangan makanan. Tak jauh beda, bagaimana jika misalnya suatu daerah terjadi kekurangan pangan. Kita akan melihat ada yang mati kelaparan, ada penyakitan (kurang gizi), bahkan ada dari daerah lain yang demo menuntut kepada pemerintah pusat supaya memperhatikan daerah yang kekurangan pangan tadi.
Sistem dalam tubuh kita juga demikian halnya, prinsipnya sama. Tapi, kalau dijelaskan hubungan tersebut ceritanya panjang. Kita fokuskan kembali pada masalah kekurangan nutrisi yang diakibatkan penekanan pembuluh darah oleh busana ekstra ketat tadi.
Karena kekurangan nutrisi, maka terjadilah suatu pergeseran dari fungsi fisiologi yang terdapat pada organ kulit tersebut. Sel-sel kulit akan mengalami kematian yang lebih cepat dari kondisi normalnya, karena kekuranangan nutrisi (makanan). Apabila sistem pertahanan tubuh bagian luar (kulit) rusak, maka bakteri dan jamur akan dengan mudah masuk ke dalam tubuh kita. Anda sendiri tentunya tahu apa yang akan terjadi jika bakteri dan kuman-kuman dengan leluasa masuk ke dalam tubuh kita.
Selain itu, hambatan pada pembuluh darah yang disebabkan oleh penekanan busana ekstra ketat yang sering digunakan tersebut akan memicu timbulnya suatu penyakit. Dampaknya bisa saja akan menyebabkan tekanan darah tinggi. Menurut Anda mungkin gak, pengunaan si busana ekstra sempit ini memicu terjadinya gangguan kardiovaskular? Kalau menurut penulis mungkin saja bisa, misalnya hipertensi!
Kok bisa ya?? Iya, bisa saja terjadi!! Tapi kok bisa terjadi hipertensi? Gimana?
Tubuh kita terdiri dari pembuluh darah mulai dari yang terbesar hingga yang terkecil (pembuluh kapiler). Awal peningkatan tekanan darah terjadi pada daerah pembuluh kapiler (pembuluh darah perifer). Dalam pelajaran fisiologi diketahui bahwa tekanan darah itu adalah hasil kali dari kardiak output dengan total tahanan pembuluh darah perifer.
Secara fisika tekanan cairan dalam suatu pipa itu berbanding terbalik dengan jari-jarinya. Semakin besar jari-jari suatu pipa dengan volume cairan yang sama maka akan semakin kecil pula tekanannya, demikian sebaliknya semakin kecil jari-jari suatu pipa dengan volume cairan yang sama maka tekanan dalam pipa tersebut akan meningkat.
Penekanan kulit yang terdapat pembuluh darahnya kemungkinan akan memperkecil pembuluh darah. Sedangkan volume darah kita adalah tetap, bukan bertambah sedikit. Maka terjadilah kenaikan tekanan darah di daerah pembuluh perifer. Hal ini akan memicu jantung kita untuk bekerja memompa darah secara maksimal untuk mengimbangi tekanan perifer yang meningkat tadi.
Selain itu ada juga penyakit kulit lain yang disebabkan oleh penggunaan busana ekstra ketat tadi. Kalau ini dia menimbulkan penyakit kulit bagian luar. Ini dapat menimbulkan penyakit yang disebabkan oleh jamur.
Bagaimana hubungannya dengan jamur? Disini bukan berhubungan dengan jamur merang yang bisa dimakan, tapi jamur yang ukurannya mikroskopis yang tidak dapat langsung dilihat oleh mata tanpa alat bantu. Jamur yang kita kita permasalahkan disini, jamur yang suka tinggal di tempat lembab pada bagian tubuh kita.
Kok bisa ya busana ekstra ketat dihubungkan dengan jamur ini? Ya iyalah, masa iya dunk! Ini juga masih berhubungan dengan fungsi fisiologis yang terdapat dalam tubuh kita. Secara fisiologis tubuh kita akan mengeluarkan cairan untuk menjaga suhu dan keseimbangan cairan dalam tubuh kita. Salah satunya adalah keringat yang diekskresikan (dikeluarkan) dari kulit. Disinilah kita akan melihat hubungannya. Karena memang ukurannya ekstra sempit, sehingga tidak leluasa bergeser penggunaan busana yang ekstra ketat tadi akan menahan keringat yang dikelurkan kulit tadi. Selain itu juga diperparah lagi karena terganggunya sirkulasi udara pada kulit, karena tidak ada lagi celah untuk tempat udara di antara busana yang dipakai dengan kulit. Akhirnya keringat yang keluar dari kulit akan bertahan lama dipermukaan kulit. Tempat lembab seperti ini adalah tempat yang sangat disukai oleh populasi jamur. Jamur inilah yang akan menghasilkan suatu enzim yang membuat kita merasa tidak nyaman pada bagian kulit kita. Disini tidak dijelaskan jamur dan enzim apa yang dihasilkannya. Penulis hanya ingin memaparkan kira-kira begitulah proses suatu hal menyebabkan suatu gangguan fungsi fisiologis tubuh.
Demikianlah sebahagian kecil kiranya gangguan yang ditimbulkan oleh penggunaan si busana ekstra sempit itu. Memang ini hanyalah suatu metode logika berfikir dari studi yang sudah dipelajari penulis, dan mungkin hal ini belum ada penelitiannya, apakah ini akan benar. Tapi penulis hanya mengajak kita untuk berfikir, bahwa setiap ada suatu hal yang bersifat pato (menantang) terhadap fisiologis maka ini akan menjadi penyakit, jika tubuh tidak sanggup untuk menanggulanginya.
Satu hal lagi yang ingin disampaikan, untuk apa kita menggunakan busana ekstra ketat itu yang kita tidak tahu dari mana asalnya, dan sudah nyata tidak cocok dengan budaya kita. Karena juga akan dapat menyebabkan rusaknya moral anak bangsa ini. Apa yang akan terjadi jika moral anak bangsa ini rusak. Pihak asing akan dengan leluasa menjajah kita kemabali, memang bukan jasad bangsa ini yang mereka jajah, tetapi rohani bangsa ini yang akan mereka rusak.
Oleh : ra_shid2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kunjungi Juga