Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

2012/02/11

Kekuatan Syukur

Syukur adalah wujud dari rasa atau aktivitas manusia terhadap apa yang telah diberikan oleh Allah kepada manusia tersebut. Rasa syukur itu dapat dilihat dari perilaku seseorang dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Kita bisa melihat dari raut wajah sesorang bahwa dia termasuk dalam kelompok orang yang bersyukur atau tidak. Orang yang bersyukur akan menyerahkan segalanya kepada Allah swt, setelah dia melakukan usaha dengan jalan yang benar dan maksimal.

Rasa syukur akan memberikan ketenangan jiwa. Rasa syukur akan menjauhkan kita dari sikap putus asa. Rasa syukur akan membuat kita jadi lebih sehat, karena kita terbebas dari beban fikiran (stress) yang menjadi awal berbagai penyakit. Rasa syukur akan menimbulkan sebuah sikap rendah diri, karena kita sadar bahwa segala apa yang kita miliki hanyalah titipan Allah semata, dan kita harus menggunakannya untuk diri kita, dan juga di dalamnya terdapat hak orang lain.

Rasa syukur akan memberikan kekuatan pada jiwa dan raga. Jiwa yang selalu bersyukur tidak akan pernah menyerah dengan usaha-usaha yang dilakukannya. Rasa syukur akan menjadi penawar rasa kecewa meski pun hasil yang diperoleh bukanlah sesuai dengan yang diinginkannya, karena rasa syukur adalah penyerahan secara total pada Allah setelah berusaha, dan Allah lebih tahu terhadap segala sesuatu, dan apa yang diberikan oleh Allah setelah kita berusaha maksimal, itu merupakan yang terbaik untuk kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kunjungi Juga