Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

2012/08/05

"Nyesal","Andai ku tau"


Download Ceramah dalam bentuk mp3 DISINI (16 mb) (adl.ly-->skip ad-->hotfile-->download)

Terkisah,
Ada sebuah kerajaan yang memiliki raja yang bijaksana dan prajurit yang sangat patuh pada rajanya.

Pada suatu hari sang raja mengumumkan pada parajuritnya bahwa akan diadakan sebuah kunjungan pada sebuah gua yang gelap di dalamnya.

Tiba waktu yang ditentukan, berangkatlah rombongan dan raja pada gua yang dimaksud dan sampailah di depan mulut gua. Para prajurit pun bingung maksud dari raja, mengajak mereka ke gua yang gelap gulita itu.


Dalam kebingungan mereka itu, tiba-tiba raja berkata,

"Hai prajurit-prajurit ku. Aku akan memerintahkan kalian semua untuk masuk kedalam gua ini beberapa saat. Di dalam gua ini ada sesuatu yang bila kamu ambil maka kamu akan menyesal, dan jika tidak kamu ambil maka kamu akan menyesal juga dan aku akan memberikan kantongan pada kalian masing-masing untuk tempat yang diambil di dalam gua nanti".

Lantas, bertambahlah kebingungan para prajurit ini. Dan, susana semakin gaduh, mereka saling tanya satu dengan yang lain mengenai perintah sang rajanya.

Kemudian sang raja berkata lagi,

"Baiklah, sekarang saatnya kalian aku perintahkan masuk ke dalam gua, dan aku beri waktu lima menit, setelah itu kalian boleh keluar lagi, dan ingat pesan ku yang sebelumnya".

Lantas, berhamburanlah para prajurit memasuki gua yang gelap gulita itu. Ada prajurit yang berjalan sambil meraba kesana kemari dalam kegelapan tsb, ada yang terjatuh karena tersandung sesuatu, dan ada pula yang hanya terduduk dalam kegelapan tersebut.

Dalam kebingungan dan kegelapan prajurit tersebut, tiba-tiba waktu mereka habis, dan raja memerintahkan semuanya keluar kembali dan membawa kantongan yang diberikannya sebelumnya.

Setelah semua prajurit keluar dan berkumpul kembali, maka sang raja pun berkata-kata lagi,

"Baiklah, kalian sudah keluar dari gua yang gelap itu sekarang. Bagi kalian yang ada isi kantongannya buat barisan di sebelah kanan ku, dan yang kantongannya kosong buat barisan disebelah kiriku"

Segera prajurit itu membuat barisan, ada beberapa orang yang kantongannya berisi dan ada pula yang kosong.

Raja kemudian berkata lagi,

"Sekarang saatnya kalian mengeluarkan isi katongan yang kalian bawa" perintah raja pada prajuritnya yang mengambil sesuatu dari dalam gua tersebut.

Lantas, prajurit2 tersebut mengeluarkan isi kantongan yang mereka bawa.

Apa yang ada dalam kantongan mereka???

Ternyata isinya adalah bongkahan-bongkahan kecil intan dan mutiara.

Mulailah terjadi kehebohan diantara para prajurit.

Prajurit yang tidak mengambil apa-apa berkata,

"Andai ku tahu yang ada dalam gua tadi adalah intan dan mutiara, aku pasti akan mengambilnya. Nyesal dotkom deh".

Prajurit yang mengambil sesuatu dari gua,

"Andai ku tahu yang ada dalam gua tadi adalah intan dan mutiara, aku pasti akan mengambil sebanyak-banyaknya, kalau perlu aku bawa dua kantongan gak apa-apa. Nyesal dotkom deh".

Ramadhan sudah hampir separuh kita jalani, apa yang sudah kita ambil dari bulan ini ??? Bulan ini adalah bulan pengampunan, sayang jika bulan ini adalah bulan penuh ampunan, namun dosa-dosa kita tidak diampunkan sedikit pun.

#Catatan kultum pra tarawih malam ke 14.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kunjungi Juga