Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

2010/03/29

CARA MANDI YANG SEHAT

Apa yang akan kita rasakan, seandainya sehari saja tidak mandi? Selain kita yang merasa tidak enak, orang disekeliling kita juga pasti akan menjadi terganggu karena aroma kurang enak yang kita sebarkan.

Paling tidak dalam sehari kita harus mandi dua kali, namun ada juga orang yang mandi tiga sampai empat kali sehari, tergantung dari kesibukan orang tersebut. Apakah semakin seringnya kita mandi menjadi lebih baik?

Banyak cara orang mandi dalam membersihkan badannya. Banyak produk-produk yang ditawarkan di pasaran yang bisa digunakan untuk membersihkan badan saat kita mandi. Tapi apakah sudah benar cara kita dalam menggunakan produk-produk tersebut supaya kita mendapat kulitas mandi yang bersih dan sehat??

Pada umumnya orang menggunakan sabun, spons, atau penggosok badan lainnya saat mandi. Namun masih banyak orang yang belum faham fungsi dari masing-masing alat dan bahan ini. kenapa kita harus pake sabun saat mandi? Kan bisa disiram pake air saja banyak-banyak sudah cukup!

Ternyata jika badan kita hanya disiram dengan air, tidak semua kotoran yang terdapat pada kulit kita terangkat, apalagi kotoran yang tersusun dari senyawa lemak.Yang bisa dibersihkan oleh air yaitu kotoran-kotoran yang polar (larut dalam air), misalnya keringat.

Dengan demikian dibuat sabun supaya bisa membersihkan kulit kita dari senyawa yang polar maupun nonpolar. Sabun dapat mengikat senyawa yang bersifat polar maupun yang nonpolar. Sifat demikian dimiliki oleh sabun karena senyawa yang terdapat dalam sabung tersebut ada mempunyai dua gugus yang bersifat polar dan nonpolar.

Bagaimana caranya supaya mandi kita itu betul-betul bersih? Itulah dia sebetulnya tujuan mandi. selain itu ada juga tujuan mandi tersbut yaitu supaya suci dan bersih dari najis dan hadas.

Caranya yaitu sebagai berikut ini. Setelah merasa dirasa cukup air air yang disiramkan merata keseluruh anggota badan, maka ratakan sabun keseluruh anggota badan. Baik itu sabun cair maupun sabun yang berbentuk padatan. Jika sudah merata seluruhnya biarkan bebrapa saat. sembari menuggu beberapa saat tersebut anda bisa sambil menyikat gigi.

Setelah itu baru spon atau serabut untuk mandi diberi sabun supaya sponnya berbusa. Kemudian gosokkan spon tadi keseluruh anggota badan yang sudah disabuni. Gosok sampai kira-kira bersih. Setelah kira-kira terasa bersih, Langsung siram seluruh badan untuk menghilangkan sabun dan kotoran yang terdapat pada kulit. Kalau sudah sampai di situ selesai deh mandi yang bersih dan sehat.

Jika mandi yang seperti ini dilakukan, pasti berbeda hasilnya kalau hanya mandi dengan meratakan sabun keseluruh badan terus disiram, atau hanya dengan membuihkan sabun pada spon trus menggosokkannya keseluruh badan. hasilnya sangat berbeda, caoba deh dibuktikan sendiri. pasti lebih terasa bersih dengan cara yang baru saja dijelaskan.

Terima kasih ya, bagi yang sudah membaca tulisan ini, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kunjungi Juga