Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

2010/04/01

SAYA MEROKOK LAGI NGGAK YA??


By Wahyudin Sitorus (SITOBUFARMA)


Sumber gambar : www.bebasrokok.wordpress.com

Rasa kantuk, tidak semangat bekerja, bawaannya mau marah saja, terus gak bergairah hidup, dan lain-lain adalah keluhan yang pernah saya dengar apabila seseorang tidak merokok sehari Rata Penuhsaja. Saya tahu itu karena ayah saya juga perokok, tapi saya bukan seorang perokok.

Sejak kapan saya mulai merokok ya??? Hal ini perlu diingat oleh seorang perokok supaya menimbulkan sebuah kesadaran dalam dirinya. Tentunya seseorang perokok ada waktu kapan dia mulai merokok. Apakah awal merokok dulu memang ada kesadaran aku memang pingin merokok, itu atas kemauana aku sendiri, atau kah aku merokok karena dipaksa oleh kawan, atau hanya karena pingin coba-coba, ehhhh, akhirnya malah ketagihan. Makanya jika ingin berhenti merokok ingat-ingat dulu kenpa ya, kok dulu saya mulai merokok, padahal guru saya di sekolah nggak pernah mengajarkan muridnya tuk merokok.

Kemana saja ya penghasilan saya, kok masih pertengahan bulan sudah menipis???? Ini dia lagi yang sering menjadi masalah, namun banyak pecandu rokok yang tidak sadarkan diri akan hal ini, karena sudah dihantui nikmatnya mengisap racun rokok.
Coba deh di hitung-hitung secara kasar saja! Berapa bungkus batang ya sehari saya habiskan rokok? Dan berapa bungkus pula selama sebulan? Terus dah berapa slop selama setahun? Apa ada yang dihasilkan rokok itu? Sementara dibeli pakai uang? kenapa gak di tabung saja, or dibuat investasi. Pecandu rokok deh lebih tahu, hitung-hitungannya, berapa rokok yang sudah dihabiskannya. Masih banyak Lagi yang lebih baik, yang bisa dibeli selain rokok.

Belakangan ini saya kok sering batuk-batuk ya? Terus nafas saya kok jadi pendek-pendek, dangkal lagi? Nah ini dia yang paling berbahaya. Kebiasaan buruk merokok bisa menyita harta anda yang paling berharga, yaitu kesehatan anda. Tak ada yang bisa kita kerjakan jika kita sudah sakit, namun, hanya akan menambah beban orang-orang terdekat kita. Apakah hanya gara-gara kebiasaan buruk menghirup asap rokok itu saya tega membuat orang-orang yang saya cintai menjadi khawatir dan terbebani????

Memang sih, efek dari kebiasaan buruk merokok itu tidak lansung terlihat. Namun seiring berjalannya waktu, senyawa-senyawa berbahaya dalam asap rokok itu akan terus terakumulasi dalam tubuh seorang perokok, hanya menunggu waktu mencapai konsentrasi dimana senyawa tersebut memberikan efek toksis bagi tubuh.

Sangat banyak zat berbahaya di dalam asap rokok, namun tidak saya jelaskan disini, karena itu perlu pembahasan khusus, mengenai zat-zat tersebut, efek biokimianya pada tubuh, konsentrasinya supaya bisa toksis bagi tubuh, dan kinetikanya dalam tubuh bagaimana.

Mudah-mudahan tulisan ini bisa menggugah hati pembaca. Jika yang membaca bukan seorang perokok, semoga dapat mengajak temannya tuk menghentikan kebiasaan buruk merokok. Dan jika yang membaca memang seorang perokok, sadarlah kawan, gak ada gunanya tuh membakar-bakar uang!! Uang kok dibakar ya???? Mendingan kasi sama saya aj!! :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kunjungi Juga